Catatan Kaki 20 Tahun WDZG!

Catatan Kaki 20 Tahun WDZG!

Semuanya berawal dari sebuah website. Bukan, bukan www.wadezig.com.

Hari ini 20 tahun yang lalu, WADEZIG! lahir sebagai bagian dari sebuah graphic & web design company bernama Proyekimagi. Divisi hura-hura, kami menyebutnya waktu itu. Proyek idealisme pelepas penat dari rutinitas pekerjaan dari klien.

Sesuai fungsinya yang hanya sebagai medium rekreasi dari pekerjaan utama, WADEZIG! lahir pertama kali dalam bentuk sebuah subdomain, www.wadezig.proyekimagi.com. Udah mati sih sekarang domain dan subdomain-nya.

Walaupun divisi rekreasi, misinya cukup ambisius; membuat graphic t-shirts yang say something, entah itu opini, ide, gagasan, apapun. Dengan kata lain, divisi ini memiliki visi mengedukasi lewat graphic design, atau dalam hal ini, graphic t-shirts.

Sesuai visi dan misinya, WADEZIG! merilis t-shirts secara theme-based. Bayangin kaya majalah. Jadi secara berkala kami mengangkat satu tema tertentu, lalu membuat visual arts berdasarkan tema tersebut, menyablonnya di t-shirts, dan kemudian menjualnya secara online di website tadi, www.wadezig.proyekimagi.com.

Terlalu ambisius, memang. Tapi those are what we're so passionate about. Desain, seni, dan tentunya, t-shirts. Kami penggila ketiganya.

1,5 tahun kemudian, tepatnya Agustus 2004, domain www.wadezig.com resmi kami registrasikan. And the rest is history, literally and figuratively. Alias, pekerjaan lainnya sebagai graphic & web design company tinggal kenangan, dan WADEZIG!... well, went on making histories.

Berikut ini adalah beberapa desain website WADEZIG! dari waktu ke waktu. It was fugly we know, tapi pada masanya... tetep jelek juga sih. But we love it. Ini hanya segelintir dari sekian banyak desain yang pernah dirilis. Inipun sebagian hanya mockup aja karena ngga nemu dokumentasi aslinya.

 

 

Jadi apa aja yang terjadi sepanjang 20 tahun ini?

Lumayan banyak. Setelah Online Store, kami memutuskan untuk membuat toko sendiri dan menyebutnya Offline Store for the obvious reason. Online, Offline. Get it? Belakangan istilah Offline Store menjadi populer untuk menyebut toko fisik atau brick and mortar shops. Nah sekarang kalian tau siapa pencetusnya *smirk*.

Sama seperti website wadezig.com yang selalu berganti desain dari waktu ke waktu, WADEZIG! Offline Store juga termasuk sering banget berganti kulit, bahkan berpindah tempat. Maklum, sebagai sekumpulan graphic designers dan visual artists, kami seringnya lebih tertarik mendesain website atau menata interior toko daripada berjualan.

Sepanjang 20 tahun terakhir, selain sibuk mendesain Online & Offline Store, WADEZIG! juga berkontribusi melahirkan www.tembokbomber.com, merilis a monthly free magazine bernama EGO! Scrapbook, berkolaborasi dengan berbagai seniman lintas disiplin dari dalam dan luar negeri, dan banyak kegiatan lainnya. Terlalu banyak untuk disebutkan satu persatu, cukup  untuk bikin satu buku setebal kamus atau Yellow Pages.

Lalu datanglah pandemi Covid-19. Jeng jeeng.

Perlu disyukuri, we were at our peak performance when the pandemic hit. Tetep terdampak sih pastinya, tapi seengganya ngga terlalu telak, jadi masih bisa bertahan. Yang luput diantisipasi adalah beberapa oknum internal yang terdampak secara pribadi oleh pandemi lalu panik dan mencari jalan keluar masing-masing dengan jalan yang tanpa sadar mencelakakan perusahaan. We'll update you the full story once we're done with the legal stuff.

Dihajar pandemi dari luar lalu digerogoti oleh oknum dari dalam, babak belur juga sih. Akhir tahun lalu dengan berat hati kami memutuskan untuk menghentikan operasional WADEZIG! Offline Store Trunojoyo. Sejujurnya bukan karena kendala finansial, tapi lebih supaya kita bisa fokus untuk start fresh tahun ini.

Dimulai sejak awal tahun kemaren, kami merombak total website www.wadezig.com dan membangun Online Store baru berbasis Shopify yang pastinya ngasih pengalaman berbelanja yang lebih aman, nyaman, dan yang paling penting, reliable.

Jadi ya gitu deh. 20 tahun lalu dimulai dengan sebuah website baru, hari ini 20 tahun kemudian juga dimulai dengan sebuah website baru. 

Come on Superstar, let's do this again.

Bandung 14 Februari 2023,

Ing.

 

 

Back to blog

Leave a comment

Please note, comments need to be approved before they are published.